Resume Remaja Harus Punya 4 Kunci dalam Membangun Ketangguhan Mental

 




Global Engagement Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Genus Unusa) kembali menggelar program tahunan bertajuk Brave!. Kegiatan pertama dalam rangkaian program tersebut adalah seminar yang bertujuan untuk mendukung Sustainable Development Goals (SDGs), khususnya dalam bidang kesehatan mental remaja. 

Pembicara Pertama, dr. Hafid Algristian, Sp.Kj., M.H., mengungkapkan  bahwa ada empat kunci utama yang harus dikuasai oleh remaja untuk mampu mengatasi berbagai tantangan hidup dan meminimalisir stres. Pertama adalah the control ini melibatkan pengembangan keterampilan pengelolaan stres dan emosi, sehingga remaja dapat tetap tenang dan fokus meskipun dihadapkan pada tekanan. Kemudian the ownership, remaja harus diajarkan untuk mengambil alih kendali atas tindakan dan keputusan mereka sendiri, serta tidak mudah menyalahkan orang lain atau situasi luar. Dengan memiliki rasa kepemilikan terhadap masalah, remaja akan lebih termotivasi untuk mencari solusi yang konstruktif.

Seminar ini turut menghadirkan dr. Amna Javed yang menjelaskan bahwa kesehatan mental bukanlah hasil dari satu faktor tunggal, tetapi merupakan akumulasi dari berbagai pengalaman yang dialami remaja sehari-hari, baik dari diri mereka sendiri, interaksi dengan keluarga, lingkungan sekolah, maupun kejadian tak terduga yang bisa menimbulkan trauma. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan wawasan baru serta mendorong kolaborasi lintas institusi dalam mendukung tercapainya target SDGs, terutama pada aspek kesehatan mental remaja.


https://unusa.ac.id/

https://fk.unusa.ac.id/


Referensi : Para Remaja Harus Punya 4 Kunci ini dalam Membangun Ketangguhan Mental

Lihat juga blog teman saya : Gita


-Facebook https://www.facebook.com/unusaofficialfo

-Instagram https://www.instagram.com/unusa_official

-Youtube https://www.youtube.com/@unusa_official

-Twiter https://x.com/unusa_official?lang=en


Komentar

Postingan populer dari blog ini

My Digital Portofolio Day 1

My Digital Portofolio Day 2